Enzim Getang Lambung (Pepsin, Renin, HCl) dan Fungsinya

Enzim Getang Lambung (Pepsin, Renin, HCl) dan Fungsinya

jayaedu.com.com. Lambung merupakan salah satu organ pencernaan utama pada manusia. Setidaknya, terdapat tiga fungsi lambung, sebagai organ pencernaan, sebagai berikut.

1. Tempat penyimpanan makanan sementara, minimal selama dua jam sebelum disalurkan ke organ pencernaan berikutnya (usus halus).

2. Memecah dan mengaduk-aduk makanan melalui gerak peristaltik (meremas-remas) secara konstraksi dan relaksasi lapisan otot lambung.

3. Mencerna dan menghancurkan makanan dengan bantuan enzim pencernaan di dalam lambung.

Setelah dari kerongkongan, makanan kemudian masuk ke lambung. Di dalam lambung akan terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi. Secara mekanis, otot lambung berkontraksi, mengaduk-aduk bolus.

Secara kimiawi, bolus bercampur dengan getah lambung. Bolus dapat diartikan sebagai massa makanan yang sudah mengalami proses pencernaan di dalam mulut.

Setelah melalui proses pencernaan selama 2-4 jam di dalam lambung, maka bolus akan menjadi bahan kekuningan yang disebut kimus (bubur usus).

Kimus akan masuk sedikit demi sedikit ke dalam usus dua belas jari, yang diatur oleh sfingter, yaitu otot-otot yang tersusun melingkar antara lambung dan usus dua belas jari.

Enzim Pencernaan pada Lambung

Getah lambung mengandung tiga enzim pencernaan, yaitu asam klorida (HCl), enzim pepsin, dan enzim renin. Ketiga enzim tersebut berperan penting dalam pencernaan kimia di lambung.

Sebenarnya, enzim pencernaan tidak hanya ditemukan di dalam lambung saja, tetapi juga pada organ pencernaan lain, misalnya mulut, pankreas, dan usus halus.

Baca : Jenis-jenis Enzim Pencernaan Pada Pankreas dan Fungsinya

Masing-masing organ tersebut menghasilkan enzim yang berbeda-beda untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan.

Baca juga :   Media Pembelajaran PowerPoint Kurikulum 2013 Kelas 2 SD

1. Pepsin

Pepsin merupakan enzim pencernaan lambung sebagai bentuk aktif dari pepsinogen. Enzim pepsin berfungsi memecah protein dalam makanan menjadi partikel yang lebih kecil, seperti peptida dan asam amino, agar dapat diserap tubuh.

2. Asam Klorida (HCl)

Asam klorida (HCl) memiliki fungsi utama melawan virus dan bakteri yang masuk bersama makanan. Selain itu, asam klorida berperan penting untuk memecah protein dalam makanan. Asam klorida juga berfungsi untuk mengasamkan makanan.

3. Renin

Renin berfungsi untuk mengentalkan atau menggumpalkan protein kasein susu serta memisahkannya menjadi gumpalan semi padat dan cair.

Gumpalan susu dibutuhkan, karena susu yang telah masuk ke dalam lambung harus disimpan dalam waktu cukup lama, agar dapat dicerna dengan baik.

Jika susu tidak dapat dicerna dengan baik, maka kalsium dalam juga tidak dapat diserap tulang secara keseluruhan. Pembekuan susu oleh renin akan memungkinkannya bertahan lebih lama di dalam lambung.

Demikian ulasan mengenai enzim getang lambung (pepsin, renin, HCl) dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button