Info Pendidikan

Komisi X DPR RI Desak Pemerintah Segera Percepat Proses Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN

Jayaedu.com – Dikutip dari literasinews.pikiran-rakyat.com bahwa ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menekankan agar proses pengangkatan guru honorer jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa dipercepat. Ia juga menegaskan Komisi X akan terus berupaya mengadvokasi agar status para guru honorer termasuk kesejahteraan dan jaminan sosialnya menjadi jelas.

Mengenai hal tersebut, Komisi X yang membidangi pendidikan telah membentuk Panitia Kerja atau PANJA yang bertujuan untuk mengawal proses pengangkatan guru honorer menjadi ASN baik itu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun PNS.

“Panja sudah terbentuk. Pembentukan Panja ini fokus untuk mengangkat seluruh guru honorer dan tendik jadi ASN,” katanya. Oleh karena itu pihaknya mendesak instansi terkait seperti Kemendikbud, KemenPAN RB, BKN segera mempercepat proses pengangkatan para guru honorer menjadi ASN.

Ia juga mengatakan Panja Komisi X mengharapkan berbagai masukan dari guru, kepala dinas pendidikan, pemerintah daerah, hingga masyarakat agar proses pengangkatan guru menjadi ASN ini bisa segera terealisasikan.

Masukan tersebut, sambung Huda, nantinya akan menjadi bahan pembahasan bersama dengan pemerintah, sehingga kendala di lapangan bisa segera ada solusinya dan bisa diselesaikan.

“Saat ini kita tidak tahu secara persis kenapa formasi satu juta guru honorer yang akan mengikuti seleksi belum juga terpenuhi. Apakah karena persoalan minimnya sosialisasi atau pemda masih setengah hati mengajukan formasi,” katanya.

Huda menekankan dengan keberadaan Panja Pengangkatan Guru Honorer menjadi ASN ini, diharapkan bisa memberikan tekanan lebih kepada pemerintah. Sehingga benar-benar memprioritaskan penyelesaian masalah kesejahteraan guru honorer ini.

Menurutnya niat baik dari pemerintah dengan membuka penerimaan satu juta guru honorer menjadi ASN ini harus benar-benar dikawal dan bisa cepat direalisasikan.

“Kami sungguh mengapresiasi itikad baik dari pemerintah tersebut. Kendati demikian hal itu perlu dikawal dengan serius, sehingga itikad baik tersebut bisa cepat terealisasi. Sebab kebutuhannya mendesak,” katanya.

Baca Juga: Mengenal SMKN 2 Padang yang Kini Jadi Polemik

Huda mengungkapkan Komisi X DPR RI membentuk Panja Pengangakatan Guru Honorer menjadi ASN ini untuk mengawal proses pengangkatan sejuta honorer menjadi PPPK. Selain itu untuk menjamin agar skema CPNS bagi para guru tetap ada.

Dia menjelaskan pembentukan Panja Pengangkatan Guru Honorer menjadi ASN ini dilatarbelakangi atas keprihatinan lambannya kinerja pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para guru honorer.

Program penerimaan sejuta guru honorer menjadi PPPK belum menunjukkan perkembangan berarti. “Target formasi guru honorer untuk program satu juta guru PPPK yang dipatok akhir Desember 2020, hingga kemarin belum juga terpenuhi,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button