Pengertian Pencernaan Mekanik dan Kimiawi serta Perbedaannya

Pengertian Pencernaan Mekanik dan Kimiawi serta Perbedaannya 

jayaedu.com.com. Di dalam tubuh manusia, makanan akan diproses melalui suatu sistem pencernaan. Sistem pencernaan terbentuk dari kerjasama organ-organ pencernaan.

Proses pencernaan makanan akan dimulai ketika makanan masuk ke dalam mulut. Pencernaan merupakan proses memecah makanan menjadi molekul kecil, sehingga dapat diserap oleh tubuh melalui pembuluh darah.

Molekul makanan dari darah masuk ke dalam sel tubuh melintasi membran sel. Molekul yang tidak digunakan dan tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui sistem ekskresi, seperti urine, keringat, dan uap air.

Makanan yang tidak tercerna, berupa feses, akan dibuang melalui anus, melalui proses yang disebut defekasi.

Proses pencernaan makanan dibedakan menjadi dua, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.

Berikut ini pengertian pencernaan mekanik dan kimiawi serta perbedaannya.

Pengertian Pencernaan Mekanik dan Kimiawi

1. Pencernaan Mekanik

Pencernaan mekanik merupakan pencernaan yang mengubah bentuk fisik bahan makanan. Pencernaan mekanik terjadi ketika makanan dikunyah, dicampur, dan diremas.

Contoh pencernaan mekanik adalah pencernaan yang terjadi di mulut, pada saat makanan dihancurkan oleh gigi.

Pencernaan mekanik juga dapat terjadi di lambung. Lapisan tot lambung berperan dalam memecah dan mengaduk-aduk makanan melalui gerak peristaltik (meremas-remas) secara konstraksi dan relaksasi.

2. Pencernaan Kimiawi

Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang mengubah sifat kimia bahan makanan menggunakan enzim.

Pada pencernaan kimiawi, terjadi reaksi kimia yang menguraikan molekul besar makanan menjadi molekul yang lebih kecil dengan dibantu oleh enzim-enzim pencernaan.

Enzim pencernaan untuk pencernaan kimia terdapat di beberapa organ pencernaan, seperti mulut, lambung, usus halus, dan pankres.

Baca juga :   Enzim Getang Lambung (Pepsin, Renin, HCl) dan Fungsinya

Perbedaan Pencernaan Mekanik dan Pencernaan Kimiawi

Berdasarkan pengertian pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi tersebut, dapat diketahui perbedaan pencernaan mekanik dan kimiawi, sebagai berikut.

1. Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang mengubah bentuk fisik bahan makanan melalui proses fisik. Sedangkan pencernaan kimiawi merupakan pencernaan yang mengubah sifat kimia bahan makanan menggunakan enzim.

2. Pencernaan mekanik memecah makanan yang berukuran besar menjadi bagian lebih kecil, sedangkan pencernaan kimiawi memecah partikel makanan yang besar menjadi molekul lebih kecil.

3. Pencernaan mekanik terjadi dengan bantuan gigi melalui gerakan mengunyah dan lambung melalui gerak peristaltik. Pencernaan kimiawi terjadi dengan bantuan enzim yang terdapat di dalam mulut, lambung, usus halus, dan pankreas.

Demikian ulasan mengenai pengertian pencernaan mekanik dan kimiawi serta perbedaannya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button